web20Era industrialisasi dan era pasar bebas memaksa lembaga pendidikan kejuruan untuk mempersiapkan diri. Segala potensi yang dimiliki akan terus dioptimalkan, agar dapat menghasilkan lulusan yang siap bersaing, siap pakai dan profesional. Pengembangan SMK mutlak diperlukan baik dari infra struktur maupun dari segi kemampuan sistem pendidikan yang dikembangkan.

Animo lulusan SMP yang berminat melanjutkan ke tingkat SMK pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK LPT Ciamis lumayan besar. Sisi baiknya siswa-siswi yang masuk ke jurusan ini berasal dari siswa-siswi lulusan SMP terbaik, tentu saja hal ini merupakan kebanggaan bagi kami atas kepercayaan yang telah masyarakat berikan. Sekaligus juga ini merupakan tantangan bagi kami untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi siswa-siswi yang telah di amanahkan oleh orang tua siswa kepada kami.

Kami berkomitmen dan akan memberikan pendidikan terbaik dan seimbang bagi siswa-siswi kami, keseimbangan antara memberikan pengetahuan, keterampilan serta ahlak yang dilandasi oleh ketaqwaan kepada Tuhan YME. Sehingga setiap lulusan akan menjadi lulusan yang profesional yang mampu bersaing dalam dunia kerja serta menjadi pula siswa-siswi yang bertaqwa kepada Tuhan YME.

Demikianlah sepintas perkenalan Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK LPT Ciamis. Akhir kata, mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

web20Target pencapaian yang tercantum sebagai sasaran mutu dari Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK LPT Ciamis untuk tahun pelajaran 2015/2016, adalah sebagai berikut :

  1. Tingkat kelulusan peserta didik dalam Uji Kompetensi Produktif mencapai angka 100%, bersertifikat dan dengan perolehan nilai ≥ 8,00.
  2. Minimal 95% dari peserta Praktik Kerja Industri (Prakerin) memperoleh sertifikat dengan nilai ≥ 80.
  3. Penggunaan media pembelajaran berbasis IT, yaitu e-Learning Content Management Sistem pada media pembelajaran dan ujian sekolah (Ujian Online), khususnya untuk mata pelajaran Produktif TKJ.

web20Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi (TIK) serta meluasnya perkembangan infrastruktur informasi global telah mengubah pola dan cara kegiatan pendidikan, bisnis, industri, perdagangan, maupun pemerintahan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi telah menjadi paradigma global yang dominan. Kemampuan untuk terlibat secara efektif dalam refolusi jaringan informasi akan menentukan masa depan dan kesejahteraan bangsa. Berbagai keadaan menunjukkan bahwa indonesia belum mampu mendayagunakan potensi TIK secara baik, dan oleh sebab itu negara kita terancam ’kesenjangan digital’. Kesenjangan sarana dan prasarana TIK antara kota dan pedesaan juga memperlebar jurang perbedaan sehingga terjadi kesenjangan digital dinegara kita sendiri.

Dalam rangka pencapaian pendayagunaan TIK secara efektif dan berdaya guna maka dari itu Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan memiliki tujuan untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap profesional kerja agar berkompeten dalam hal :

  • Perakitan Komputer
  • Perbaikan dan Perwatan Komputer
  • Instalasi dan Konfigurasi
  • Konektifitas Jaringan
  • Admin Server
  • Troubleshooting

web20Konsep dasar Standar Kompetensi ditinjau dari segi etimologi terbentuk atas kata “Standar” dan “Kompetensi”. Kata “standar” diartikan sebagai ukuran atau patokan yang disepakati. Sedangkan kata “kompetensi” adalah kemampuan melaksanakan tugas-tugas di tempat kerja yang mencakup penerapan keterampilan yang didukung oleh pengetahuan dan sikap sesuai dengan  kondisi yang disyaratkan. Dari pengertian kedua kata tersebut, maka standar kompetensi diartikan sebagai suatu ukuran atau patokan tentang pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang harus dimiliki oleh seseorang untuk mengerjakan suatu pekerjaan atau tugas sesuai dengan unjuk kerja yang dipersyaratkan.

Standar kompetensi tidak berarti hanya kemampuan menyelesaikan suatu tugas, tetapi dilandasi pula bagaimana serta mengapa tugas itu dikerjakan. Dengan kata lain, standar kompetensi meliputi faktor-faktor yang mendukung seperti pengetahuan dan kemampuan untuk mengerjakan suatu tugas dalam kondisi normal di tempat kerja serta kemampuan mentransfer dan menerapkan kemampuan dan pengetahuan pada situasi dan lingkungan yang berbeda. Standar kompetensi merupakan rumusan tentang kemampuan yang harus dimiliki seseorang untuk melakukan suatu tugas/pekerjaan yang dilandasi oleh ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja, sesuai dengan kriteria unjuk kerja yang dipersyaratkan.

Dengan dikuasainya standar kompetensi tersebut oleh seseorang maka yang bersangkutan akan memahami :

  • Bagaimana mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan
  • Bagaimana mengorganisasikannya agar pekerjaan tersebut dapat dilaksanakan
  • Apa yang harus dilakukan bilamana terjadi sesuatu yang berbeda dengan rencana semula
  • Bagaimana menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk memecahkan masalah dan atau melaksanakan tugas/pekerjaan dengan kondisi yang berbeda

Dengan mempertimbangan hal tersebut, maka disusunlah Standar Kompetensi untuk Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan dengan susunan sebagai berikut :

  • KOMPETENSI DASAR
  1. Merakit personal computer
  2. Melakukan instalasi sistem operasi dasar
  3. Menerapkan keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan hidup (K3LH)
  • KOMPETENSI KEJURUAN
  1. Menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar
  2. Menerapkan fungsi peripheral dan instalasi PC
  3. Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal
  4. Melakukan perbaikan dan/ atau setting ulang sistem PC
  5. Melakukan perbaikan periferal
  6. Melakukan perawatan PC
  7. Melakukan instalasi sistem operasi berbasis Graphical User Interface (GUI) dan Command Line Interface (CLI)
  8. Melakukan instalasi software
  9. Melakukan instalasi perangkat jaringan lokal (Local Area Network)
  10. Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan
  11. Melakukan perbaikan dan/ atau setting ulang koneksi jaringan
  12. Melakukan instalasi sistem operasi jaringan berbasis Graphical User Interface (GUI) dan Text
  13. Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  14. Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  15. Membuat desain sistem keamanan jaringan
  16. Melakukan perbaikan dan/ atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  17. Mengadministrasi server dalam jaringan
  18. Merancang bangun dan menganalisa Wide Area Network
  19. Merancang web data base untuk content server